Ingin air bersih gratis?

Jakarta, (ANTARA News) - Produsen air minum dalam kemasan, PT Aqua Golden Mississipi (AGM), menyediakan akses air bersih gratis bagi warga yang tinggal di desa-desa di sekitar perusahaannya.


"Penyediaan akses air bersih untuk warga ini sudah kami lakukan sejak 2003," kata CSR Coordination PT Aqua Golden Mississipi, Warsono, di Sukabumi, Kamis (17/11).

Ia mengatakan, penyediaan akses air bersih gratis merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan itu yang terbagi dalam dua bagian besar yakni konservasi dan penyediaan sarana air bersih (watsan/water sanitation).

Menurut Warsono, akses air bersih hanya diprioritaskan bagi warga yang tinggal di desa sekitar perusahaannya beroperasi. "Ini bertujuan untuk memberikan akses air bersih dan pengenalan pola hidup bersih," katanya.

Pihaknya juga menyediakan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) dan keran umum. "Dalam pembangunannya, kami melibatkan unsur masyarakat dan pemerintahan desa," katanya.

Untuk pabrik yang terletak di Cidahu, Babakan Pari, Sukabumi, pihaknya memfokuskan pemberian akses air bersih bagi warga di tiga desa yakni Desa Mekarsari, Desa Babakan Pari, dan Desa Caringin.

Menurut dia, sedikitnya ada enam kampung di tiga desa tersebut yang saat ini terlibat dalam program Watsan.         "Sumber air untuk program watsan ini sebagian besar berasal dari sumber mata air Aqua dan hanya sebagian kecil yang berasal dari sumber mata air wakaf dari warga," katanya.

Saat ini, AGM juga menyediakan lahan seluas 4.000 meter di sekitar komplek sumbernya di Kubang, Cidahu, Sukabumi, untuk dikelola oleh warga setempat.

Sementara itu, salah satu warga yang menikmati akses air bersih Aqua, Zainudin, mengaku keberadaan perusahaan air minum ternama di wilayahnya telah menjadi berkah.

"Kami tak perlu lagi memiliki sumur karena akses air dari Aqua sudah lebih dari cukup," kata pria yang menjabat sebagai Ketua RT 04/04 Kampung Papisanganlio, Desa Caringan, Cicurug, itu.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2011

 

The secret of any online business is web hosting. Select the best hosting service reading offered by justhost.

Copyright © 2012 Kementrian Lingkungan Hidup All Right Reserved

Free Joomla Templates designed by Joomla Hosting