Mengenai Registrasi dan Notifikasi

 

Registrasi B3

 

 

  • Registrasi B3 adalah pendaftaran dan pemberian nomor terhadap B3 yang ada di wilayah Republik Indonesia, registrasi wajib dilakukan oleh penghasil dan atau pengimpor. Registrasi B3 khususnya untuk B3 impor telah dilakukan secara on line guna mendukung keberhasilan program INSW dan dapat menjamin transparansi proses.
  • Prosedur notifikasi diberlakukan terhadap kegiatan impor B3 pertama kali impor dan atau B3 yang terbatas dipergunakan menurut Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2001.

 

 

Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) selaku penanggung jawab pengelolaan B3, memiliki kewajiban untuk mewujudkan pengelolaan B3 dapat dilakukan secara baik dan benar, yang aman terhadap kesehatan manusia maupun terhadap lingkungan hidup.

 

Registrasi merupakan salah satu simpul dari sistem pengelolaan B3 yang merupakan langkah awal  (sebagai portal) bertujuan untuk mengetahui jumlah B3 yang beredar di Indonesia agar dapat dilakukan pengawasan dari awal sehingga dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, kesehatan dan makhluk hidup lainnya.

 

Pasal 6 ayat (1) dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74  tahun 2001 disebutkan setiap B3 wajib diregistrasi oleh penghasil dan atau pengimpor. Amanat pasal tersebut sudah diterapkan di KLH melalui sistem registrasi yang sudah berjalan selama ini yaitu merupakan proses pendaftaran dan pemberian nomor terhadap B3 yang di produksi dan/atau di impor ke wilayah Republik Indonesia.

 

 

Dasar Hukum

 

  • Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup;
  • Undang-undang Nomor 19 Tahun 2009 tentang Pengesahan Konvensi  Stockholm tentang Bahan Pencemar Organik yang Persisten (Stockholm Convention on Persistent Organic Pollutants);
  • PP Nomor 74/2001 tentang Pengelolaan Baha Berbahaya dan Beracun;
  • Peraturan MENLH Nomor 03 Tahun 2008 tentang Tata Cara Pemberian Simbol dan Label Bahan Berbahaya dan Beracun;
  • Peraturan MENLH Nomor 02 Tahun 2010 tentang Penggunaan sistem elektronik registrasi bahan berbahaya dan beracun dalam Kerangka Indonesia National Single Window di Kementerian Lingkungan Hidup;

 

 

Download File Disini

The secret of any online business is web hosting. Select the best hosting service reading offered by justhost.

Copyright © 2012 Kementrian Lingkungan Hidup All Right Reserved

Free Joomla Templates designed by Joomla Hosting